Friday's Recommendation #3

Assalamualaikum :) Hari Jum'at itu waktunya posting Friday's Recommendation yang di host oleh Mbak Ren di blognya   Ren's L...

Assalamualaikum :)

Hari Jum'at itu waktunya posting Friday's Recommendation yang di host oleh Mbak Ren di blognya  Ren's Little Corner :)


Udah lama banget absen dari meme ini, terakhir posting 8 November 2013 -_- Soalnya bingung mau rekomendasiin buku apa. Aku suka telat baca buku bagus soalnya, yang lain udah move on ke buku lain, aku baru aja ketemu sama si buku bagus yang pertama .__.

Nah di Jum'at ini aku mau rekomendasiin buku Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela oleh Tetsuko Kuroyanagi.


Kenapa pengen nge-rekomendasikan buku ini? Soalnya buku ini bagus banget :")

Ditulis dengan sudut pandang ketiga yang terfokus pada Totto-chan, seorang gadis cilik yang dikeluarkan dari sekolahnya saat dia kelas 1 SD. Coba bayangin, anak kelas 1 SD aja udah dikeluarin dari sekolah. Alasannya karena Totto-chan ini nakal, berisik, dan mengganggu kegiatan belajar-mengajar.

Kebanyakan orang dewasa menganggap anak yang "hiperaktif" itu anak yang aneh, bandel. Kita kerap memarahi anak-anak yang bertingkah-laku aneh, melarang ini-itu, mengucapkan kata-kata kasar di depan mereka, bahkan "menjatuhkan" mereka.

Padahal bagaimana sikap kita ke anak-anak, itu mempengaruhi kepribadian mereka di masa depan. Contohnya ada di novel Totto-chan ini.

Di buku ini, orang-orang dewasa di sekitar Totto-chan, berusaha memupuk rasa percaya diri dan sikap-sikap terpuji pada diri Totto-chan. Misalnya, ketika Totto-chan dikeluarin dari sekolah, ibunya tidak bilang alasan sebenarnya. Karena kalau di bilang, mungkin saja Totto-chan akan mengecap dirinya sendiri sebagai anak bandel. 

Contoh lainnya adalah ketika Totto-chan yang mencari dompetnya di tempat tampungan tinja, di belakang sekolahnya. Kepala sekolah yang melihatnya tidak marah ketika melihat Totto-chan mengeluarkan kotoran-kotoran tersebut ke halaman belakang sekolah. Kepala sekolah hanya berpesan agar setelah selesai, Totto-chan mau mengembalikan kotoran-kotoran itu kembali.

Kalau kita yang ada di posisi Kepala Sekolah, pasti udah marah-marah, pengen tujes-tujes tuh anak. Tapi tidak dengan Kepala Sekolah. Kepala sekolah menanamkan rasa percaya diri ke dalam hati Totto-chan dengan cara mempercayai dan tidak memarahinya. Sederhana, tapi berarti :')

Nah itu hanya dua kisah diantara banyak kisah penuh pelajaran yang bisa kita ambil di buku setebal 271 halaman ini. Kalau kita ingin memahami bagaimana pemikiran anak kecil dan ingin menanamkan beberapa sikap baik pada mereka, buku ini sangat bagus sekali :")

*

Friday's Recommendation #1: Katarsis - Anastasia Aemilia (postingannya ke hapus T_T)
Friday's Recommendation #2: The Chronicles of Audy: 4R - Orizuka
Friday's Recommendation #3: Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela 

Itu dia buku yang aku rekomendasiin kali ini, kalo teman-teman mau ikutan, ini dia caranya :
1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang ingin direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini:
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menuliskan alasan kamu merekomendasikan buku itu ya.
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link review mu ya.
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner.
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog-blog lain.
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jumat minggu kedua dan keempat setiap bulan.

You Might Also Like

1 comment(s)

  1. Hehehe, mau rekomendasiin buku yang menurut Dyah underrated juga gapapa kok :D

    Makasih yaa udah ikutan meme ini ^^

    ReplyDelete