September 16, 2017

[Book Review] Sometimes I Lie by Alice Feeney

Goodreads

IDENTITAS BUKU:
Judul: Sometimes I Lie
Penulis: Alice Feeney
Penerbit: Penerbit HQ
Tebal: 384 halaman
Terbit: Ebook edition, Maret 2017
ISBN: 9780008225360

BLURB:
My name is Amber Reynolds. There are three things you should know about me.
1. I'm in coma.
2. My husband doesn't love me anymore.
3. Sometimes I lie.


Seperti biasa, pertama kali tertarik membaca buku ini setelah melihat IG story-nya Mbak Alvina. Terima kasih buat Mbak Vina yang sudah meracuniku secara tidak langsung dengan novel-novel menarik seperti ini 😆

Setelah kalian melihat dan membaca kalimat-kalimat di cover, tidakkah kalian tertarik untuk membacanya? Itulah yang terjadi padaku. Setelah menemukan ebook-nya di Bookmate langsung saja semua bacaan lainnya ditinggalkan.

Novel ini diceritakan secara bergantian dalam 3 masa: masa sekarang, masa lalu, dan tahun 1991. Masa sekarang menceritakan tentang Amber yang terbangun dalam kondisi koma. Dia bisa mendengar apa yang terjadi di sekitarnya namun dia tidak bisa menggerakkan tubuh dan tidak bisa berbicara. Masa lalu juga diceritakan menggunakan sudut pandang Amber, tentang pekerjaannya, hubungannya dengan temannyaJo, suaminyaPaul serta saudara perempuannyaClaire. Sedangkan tahun 1991 diceritakan melalui diary seorang anak perempuan yang tidak kita ketahui namanya. Anak perempuan itu menceritakan tentang keluarga, terutama ibunya yang tidak peduli padanya dan temannya.

Sejak awal membaca kita akan penasaran akan kaitan antara masa lalu dengan sekarang. Apa yang menyebabkan Amber koma, mengapa orang tuanya lebih memihak kepada Claire ketimbang dirinya, mengapa ia mencurigai adanya hubungan antara Paul dengan Claire. Sepanjang cerita kita akan dibuat menebak-nebak apa yang terjadi. Begitu pula dengan diary tahun 1991. Kita pasti bisa menebak siapa anak perempuan yang menulisnya. Namun ketika kita mulai yakin dengan tebakan kita, satu-persatu fakta terungkap dengan hasil yang tidak terduga.

Ceritanya menarik dan membuat penasaran hingga kita tidak sabar untuk segera menyelesaikannya. Alurnya juga cepat dan bahasanya mudah dipahami. Meskipun terbagi menjadi 3 masa, namun kita tidak akan kesulitan membedakan masing-masing ceritanya. Dalam segi karakater, kita juga akan kebingungan menentukan apakah tokoh ini baik atau jahat. Bisa saja dari segi sikap dan perilaku mereka baik, namun ketika Amber bercerita, dia menganggap tokoh-tokoh tersebut tidak baik. Namun lagi-lagi, ingatlah kembali judul buku ini dan siapa yang mengatakannya.

Meskipun sudah beberapa kali membaca bagian akhir, masih saja ada misteri yang rasanya belum terpecahkan dan membuat kita bingung. Namun tetap saja, cerita, twist, dan ending buku ini tidak akan mengecewakanmu. Mengutip kalimat Mbak Vina dalam review-nya tentang Sometimes I Lie di sini

...salah satu buku thriller yang "rahasianya" awet dibawa sampai akhir.

Jadi, tidakkah kalian ingin membaca buku ini? 😉

No comments:

Post a Comment