[Review Novel] Lost

Goodreads IDENTITAS BUKU : Judul : Lost Penulis : Eve Shi Penerbit : GagasMedia Tebal : 309 halaman Terbit : Cetakan pert...



IDENTITAS BUKU :
Judul : Lost
Penulis : Eve Shi
Penerbit : GagasMedia
Tebal : 309 halaman
Terbit : Cetakan pertama, 2014
ISBN : 979-780-698-7
Bisa dibeli di : bukabuku.com 
Rating : 4/5 bintang

SINOPSIS :
INI BUKAN CERITA BAHAGIA.
INI TENTANG KAKAK-BERADIK DAN PENGHUNI LAMA
DI APARTEMEN BARU MEREKA.

Ia menggulingkan badan menghadap dinding,
dan tempat tidur berderit.

Maura mengucek mata.
Tempat tidur ini dibawa dari apartemen lama
dan sudah tidak baru. Tapi pasti belum reyot
sampai berbunyi tiap kali ia bergerak.
Maura mulai menegakkan badan untuk
memeriksa kerangka tempat tidur, lalu terkesima.

Di ujung tempat tidur
duduk seorang perempuan berambut panjang,
memunggungi Maura....

REVIEW :
Ryan dan Maura adalah dua kakak beradik yang baru saja pindah ke apartemen baru, Ilustre Casa. Alasannya karena lokasi yang strategis, dekat dengan sekolah Maura dan dekat dengan Tea & Pages, kafe merangkap toko buku tempat Ryan menanam modal. Keduanya tinggal di unit 603 di lantai 6. Mereka hanya tinggal berdua. Papi baru saja meninggal, sedangkan Mami di mutasi ke Inggris.

Di Ilustre Casa, satu lantai hanya terdapat tiga unit. Di lantai 6, unit 601 di tempati oleh seorang cowok seumuran Maura - Julian, yang "diungsikan" oleh keluarganya karena ia melihat teman dekatnya bunuh diri. Unit 602 di tempati oleh sepasang suami istri, Pandu dan Nila.

Di cerita setebal 309 halaman ini, hanya berlangsung selama satu minggu dan sebagian besar berlatar di Ilustre Casa. Namun di satu minggu ini, ada banyak kejadian aneh yang dialami Maura, sehingga ia mulai merasa bahwa dirinya gila.

Mulai dari tutup tong sampah yang jatuh sendiri, untaian rambut panjang yang ada di sisirnya, padahal rambut Maura itu pendek. Suara lelaki dewasa yang tertawa di ruang tengah unitnya. Seorang wanita berambut panjang yang ada di kamar Ryan. Kemunculan Bram, petugas kebersihan yang seminggu sebelum Maura datang, bunuh diri dengan cara membakar dirinya di basement.

Untunglah Maura cukup kuat menghadapinya, meskipun terkadang ia merasa putus asa. Namun siapa sangka, Julian, si cowok dingin dari 601 dapat memahami keanehan Maura. Ternya, di Ilustre Casa, Maura dan Julian-lah yang paling peka. Sehingga mereka yang sering terseret ke tatar lain, tempat dimana Penghuni Lama di apartemen baru mereka berkeliaran.

Julian pula yang menjelaskan ke Maura tentang tatar atau dimensi lain. Julian yang membantu Maura ketika Maura tersesat ke tatar Penghuni Lama. Keduanya juga bekerja sama ketika mencari Anjani - Pacarnya Ryan yang terseret ke tatar lain, dan bekerja sama dalam memecahkan "misteri dua hantu" di unit Maura.

Ketika mereka berdua merasa telah menyelesaikan "misteri dua hantu", ketika Mami akhirnya kembali ke Inggris lagi, meninggalkan Maura dan Ryan, ketika Julian telah meninggalkan Ilustre Casa dan kembali ke rumahnya, siapa sangka, ternyata masalah terbesar baru saja di mulai. Di saat Maura mulai merasakan ketenangan, barulah ia memahami makna LOST sebenarnya. Maura harus kehilangan orang terdekatnya kembali.

Ternyata, tidak hanya Penghuni Lama yang menghantui Ilustre Casa. Ada Penghuni Baru yang sebenarnya "sejenis" dengan Penghuni Lama...

*

Selesai membaca buku ini dalam waktu beberapa jam saja. Bahkan sekarang aku sedang membaca ulang buku ini :D

Kenapa pengen banget buku ini? Karena aku telah membaca karya pertama Eve Shi, Aku Tahu Kamu Hantu dan puas sama ceritanya. Sudah lama aku tidak membaca (dan tidak suka) sama cerita horor Indonesia, tapi semenjak baca ATKH jadi pengen nyoba novel horor Indonesia lainnya. Semenjak ATKH, Eve Shi sudah menjadi penulis favoritku, dan aku sudah berjanji ke diri sendiri, untuk mengoleksi semua novel horornya x)

Dari segi cover, Lost ini lebih seram dan lebih gelap daripada ATKH. Tapi untuk kesan horornya, aku lebih merinding ketika membaca ATKH, padahal yang lebih banyak hantunya ya di Lost ini. Tapi efek setelah membaca, lebih kerasa di Lost. Kan aku bacanya malam-malam, terus ketiduran. Nah sekitar jam 2-an gitu ada yang ngetuk pintu kamarku. Yang benar saja, mana ada anak kost yang iseng jam 2 malam. Mereka kan penakut semua (termasuk aku). Akhirnya semalaman itu aku tidur sambil melukin semua boneka yang ada, sambil nutup kepala. Takut ngelihat si Nadiya, wanita berambut panjang di kamarnya Ryan :\

Untuk ceritanya sih seru. Seperti main teka-teki, buat penasaran. Ada beberapa Penghuni Lama di Ilustre Casa, sehingga kita penasaran kenapa mereka masih aja gentayangan di situ. Terutama lelaki berbaju merah dan wanita berambut panjang di unit 603, tempatnya Maura dan Ryan. Sebenarnya mereka itu siapa, kenapa mereka masih di situ. Dan kenapa mereka hobi banget menarik orang lain agar "mampir" di tatar mereka.

Penulis juga dengan lihai menunjukkan fakta-fakta secara perlahan, sehingga belum pulih kekagetan kita dari fakta pertama, udah muncul fakta baru. Sehingga membuat kita terus penasaran, apalagi yang akan muncul di halaman berikutnya.

Ceritanya juga tidak melulu ke bagian horor. Tetap ada hal-hal yang menjurus ke romance, seperti cerita Maura dengan si Mantan Nekat yang tidak pernah menyerah meski telah diputusin. Pertemuan intens antara Maura dan Julian pun menumbuhkan benih-benih cinta :D Selain itu ada juga cerita persahabatan antara Maura dan Dylis, meskipun tidak begitu banyak.

Di sini juga ada informasi baru mengenai tatar atau dimensi lain. Bahwa bumi yang kita tempati ini memiliki beberapa dimensi, dan kita hanyalah menempati salah satu tatar atau dimensinya. Ada kalanya kita bisa terseret ke tatar atau dimensi lain.

Di buku ini kita juga mendapatkan informasi tentang kehidupan girlband. Soalnya si Ryan ini manajer dari girlband White Juliet. Sedikit banyaknya kita bisa mengetahui kehidupan dari nona-nona ini. Bahwa di balik riasan tebal dan senyum mereka, sebenarnya mereka ini pekerja keras yang disiplin.

Secara keseluruhan lebih suka Lost daripada ATKH. Hanya saja ada beberapa deskripsi tempat di Lost ini yang tidak bisa aku bayangkan. Dan waktu ceritanya yang sedikit "berantakan" di kepalaku. Mungkin pas baca ulang ini, aku akan membuat rangkuman beserta detail waktu dan tempatnya, biar lebih jelas :D

4 bintang untuk Maura dan Julian. Berharap Mbak Eve Shi cepat-cepat mengeluarkan novel horor lagi :))

You Might Also Like

0 comment(s)