January 29, 2017

[Book Review] Chicken Soup for the Soul: Perjalanan Ajaib



IDENTITAS BUKU:
Judul: Chicken Soup for the Soul Graphic Novel: Perjalanan Ajaib
Penulis: Jack Canfield dan Mark Victor Hansen
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Gambar oleh: Kim Donghwa
Tebal: 145 halaman
Terbit: Cetakan keenam, Februari 2010
ISBN: 978-979-22-3668

BLURB:


Napoleon dan Penjual Bulu - Steve Andreas
Bercerita tentang Napoleon yang mendapatkan pertolongan dari Penjual Bulu ketika tentara Rusia hendak menangkapnya dan bagaimana Napoleon hendak menghukum Penjual Bulu tersebut ketika menanyakan pertanyaan konyol kepadanya.

Semangat yang Patut Ditiru - Jack Canfield
Tentang sekelompok tim bisbol anak-anak yang sudah kalah 14-0 dari lawannya namun tetap tidak berputus asa.

Aku Tak Dapat Memenuhi Permintaanmu - Stan Gebhart
Kisah tentang seorang anak yang sedari kecil hingga dewasa selalu berharap untuk diperhatikan ayahnya namun sang ayah terus mengabaikannya. Hingga suatu ketika, sang ayah meminta sesuatu kepada si anak namun anak tersebut tidak dapat memenuhi permintaan terakhir ayahnya.

Seandainya Aku Membesarkan Anak Lagi - Diane Loomans
Tentang seorang ayah yang berandai-andai untuk bersikap lebih baik lagi ketika membesarkan anaknya.

Nasihat Nenek - Mike Buettell
Seorang anak laki-laki yang sedari kecil tinggal bersama neneknya. Suatu hari si anak laki-laki dipukul oleh temannya dan berniat hendak membalas namun dinasehati oleh neneknya. Si anak laki-laki berusaha mengingat kebijaksanaan dalam nasehat neneknya dan memetik hasilnya di kemudian hari.

Pelajaran Berharga dari Angsa - Penulis tak dikenal
Tentang ayah dan anak yang melihat kerumunan angsa yang terbang dengan membentuk pola V. Sang ayah menjelaskan alasannya dan ada pelajaran berharga yang dapat diambil dari angsa-angsa tersebut.

Kebijaksanaan - Penulis tak dikenal
Tentang tiga koboi yang bekerja menggembala ternak seharian hingga kelaparan. Dua diantara mereka asik berandai-andai tentang makanan sedangkan satunya lagi hanya diam. Namun ketika menjumpai makanan, si koboi yang diamlah yang paling lahap.

Almie Rose - Michelle Lawrence
Seorang anak yang sangat berharap bisa mendapatkan kado natal berupa sepeda namun orang tuanya berpikir bahwa anaknya menginginkan boneka dan membelikannya boneka. Padahal, kado yang sangat diinginkan anaknya adalah sepeda bahkan sang anak sudah menyiapkan kaus kaki tempat hadiah yang besar sekali untuk sepeda.

Tindakan Baik Hati - The Best of Bits & Pieces
Kisah tentang Abraham Lincoln yang mendampingi rakyatnya yang tengah kritis ketika sedang mengabdi pada negara.

Pekerjaan Ayahku - Ed Peterman
Tentang seorang anak yang "malu" karena pekerjaan ayahnya tidak setinggi pekerjaan ayah teman-temannya yang lain.

Perjalanan Ajaib - Soon-ok Shin
Seorang gadis yang menemukan buku miliknya ketika masih kecil di sebuah toko buku bekas di depan halte bus.

Kisah Seorang Pencuri - Donghwa Kim
Penjelasan sang Pencuri ketika hendak merampok sebuah rumah.

Merpati - Donghwa Kim
Seorang Ibu yang kesal karena lambatnya pengerjaan renovasi rumahnya. Namun sang Ibu menemukan dua merpati sedang mengerami telur-telurnya di lantai atas rumahnya.



Pertama kali baca Chicken Soup Graphic Novel itu waktu di Gramedia ada salah satu buku yang terbuka segelnya. Baca sepintas dan ternyata bagus banget, namun tebal dan pastinya mahal karena full gambar dan berwarna. Makanya senang banget waktu ketemu buku ini ditumpukan Flash Sale Gramedia. Diantara buku yang bertumpuk dan ga terlalu diperhatiin, tiba-tiba ngelihat buku ini. Rasanya beruntung banget 😂 

Buku ini nih yang dibaca di Gramed
Novel grafis Chicken Soup ini hampir sama dengan komik seri Tokoh Dunia, hanya saja yang Chicken Soup ini berwarna semua. Aku suka banget dengan kover buku ini, pemilihan warna dan gambarnya bagus banget. Nama Kim Donghwa juga rasanya familier yang ternyata kartunis terkemuka di Korea.

Dari ketigabelas cerita di atas, cerita favoritku adalah Almie Rose. Tentang anak yang memiliki keinginannya sendiri, tentang orang tua yang merasa bahwa yang mereka pikirkan adalah keinginan asli sang anak, dan penerimaan sang anak dan pesan moral di bagian akhir cerita.

Jika cerita favoritku adalah Almie Rose, maka cerita yang harus ditandai dan selalu dibaca ulang adalah Seandainya Aku Membesarkan Anak Lagi. Yak seperti sebelum-sebelumnya, aku masih tertarik dengan psikologi anak atau bagaimana cara mendidik anak atau pendidikan yang berhubungan dengan anak-anak. Lagipula, bisa jadi bekal ketika punya anak nanti 😂

Di setiap akhir cerita ada pesan moral yang disampaikan secara eksplisit. Dengan gambarnya yang bagus dan penuh warna, cerita-cerita ringan namun penuh makna, buku ini bisa diberikan pada anak-anak sebagai bahan awal untuk meningkatkan moral dan minat baca mereka.

No comments:

Post a Comment

Visitors

Flag Counter

BBI No. 1310185

Reading Challenge 2017

2017 Reading Challenge

Dyah has read 2 books toward her goal of 50 books.
hide