September 14, 2017

[Blog Tour | Review | Giveaway] The Sun is Also a Star by Nicola Yoon

Goodreads

IDENTITAS BUKU:
Judul: The Sun is Also a Star
Penulis: Nicola Yoon
Penerbit: Penerbit Spring
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Selsa Chyntia
Proofreader: Titish A.K.
Desain Sampul: Irene Ritonga
Layout Sampul: @teguhra
Tebal: 384 halaman
Terbit: Cetakan pertama, April 2017
ISBN: 978-602-60443-6-5

BLURB:
Natasha: Aku seorang gadis yang hanya percaya pada sains dan fakta. Peduli setan dengan takdir, atau cita-cita yang tak akan pernah jadi nyata. Aku jelas-jelas bukan jenis gadis yang bisa jatuh cinta pada seorang pemuda yang kutemui secara acak di jalanan Kota New York. Belum lagi ketika keluargaku akan dideportasi kembali ke Jamaika dalam hitungan dua belas jam. Jatuh cinta, tidak akan pernah menjadi bagian dalam kisahku.

Daniel: Aku selalu menjadi anak yang baik, siswa yang baik, menjalani ekspektasi orangtuaku yang tinggi. Tidak pernah menjadi pemimpi, apalagi penulis puisi. Tapi saat aku melihat gadis itu, aku melupakan semuanya. Sesuatu tentang Natasha memuatku berpikir bahwa takdir memiliki sesuatu yang luar biasa... bagi kami berdua.



Kalian tahu apa yang paling menarik dari buku ini? Buku setebal 384 halaman hampir 85% terjadi hanya dalam waktu 1 hari. Menarik, bukan?

Apakah kalian percaya akan takdir? Percaya bahwa satu kejadian akan berdampak pada kejadian dan hal-hal berikutnya di masa depan. Itulah yang terjadi pada Natasha dan Daniel.

Asal tahu saja: Aku tidak percaya takdir. Tapi aku putus asa [hal: 13]

Natasha dan keluarganya adalah imigran gelap dari Jamaika. Selama ini mereka bisa hidup seperti biasa di Amerika, sampai suatu ketika ayahnya berbuat suatu kesalahan yang berakhir dengan terungkapnya identitas keluarga mereka. Di hari terakhirnya sebelum dideportasi, Natasha akan berusaha keras untuk mengubah nasibnya.

Daniel adalah anak bungsu di keluarganya yang keturunan Korea dan tinggal di Amerika. Kakak laki-lakinyaCharlieadalah anak yang sempurna dan menjadi kebanggaan orangtuanya. Namun semuanya berubah ketika Charlie dikeluarkan dari Sekolah TerbaikUniversitas Harvard karena nilai-nilainya yang jelek. Oleh karena itulah semua tekanan orangtua mereka kini beralih pada Daniel. Hari di mana Daniel akan mengikuti wawancara untuk memasuki Sekolah Terbaik KeduaUniversitas Yale, dalam perjalanan itulah dia bertemu dengan Natasha.

Kisah-kisah kecil selanjutnya akan menjadi takdir mereka di waktu berikutnya.

***

Terima kasih kepada Penerbit Spring yang telah memberikan kesempatan bekerja sama dalam Blog Tour kali ini 😊

Untuk masalah cover, meskipun berbeda dengan cover aslinya, namun tetap saja cover-cover dari Penerbit Spring tidak pernah mengecewakan. Gambar-gambar yang ada di cover-nya juga menjelaskan hal-hal yang terdapat di dalam novel ini.

Cerita ini dituliskan dalam sudut pandang pertama dari beberapa tokoh. Mengingatkanku akan novel Wonder karangan R.J. Palacio yang akan di-film-kan itu. Hal ini membuat kita memahami perasaan masing-masing tokoh. Awalnya memang kesulitan dalam mengingat, namun karena cerita masing-masing tokoh sangatlah unik, kita akan terbiasa membacanya bahkan menyukai berbagai sudut pandang tersebut.

Alur dalam novel ini menggunakan alur bolak-balik, terutama bagi orangtua Natasha dan Daniel. Ceritanya juga mengalir meskipun hal-hal yang dibahas terasa ilmiah. Adanya catatan kaki menjadi nilai tambah pada novel-novel terbitan Spring dan Haru karena sangat membantu kita dalam memahami jalan cerita sekaligus menambah wawasan.

Interaksi antara kedua tokoh utama juga menarik. Bagaimana mereka menghabiskan waktu bersama-sama dalam satu hari dan berharap bahwa takdir akan mengubah jalan hidup mereka.

Hal yang paling menarik terdapat di bagian penutup. Tidak menyangka bahwa satu perbuatan kecil bisa berpengaruh besar terhadap kehidupan seseorang 😉





Halo teman-teman!

Selamat datang di The Chocolate Tale. Blog terakhir dalam rangkaian Blog Tour The Sun is Also a Star. Tugas kalian adalah mengumpulkan kepingan puzzle dari masing-masing blog. Terakhir, kalian akan mengikuti Giveaway Final yang akan diadakan langsung di fanpage Penerbit Spring (klik di sini). Nah ini dia kepingan puzzle dari The Chocolate Tale:

                

6 comments:

  1. Bagus nih reviewnya singkat tp kece

    ReplyDelete
  2. Bagus nih reviewnya singkat tp kece

    ReplyDelete
  3. Wow! Review tersingkat dari keseluruhan blog tour ini, tapi ini nama kakaknya Daniel Charlie atau Charles ya? Di blog sebelumnya, namanya Charles^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih atas kunjungannya :)
      Nama lengkap kakaknya Daniel adalah Charles Jae Won Bae tapi panggilannya Charlie.

      Delete