[Blog Tour | Review | Giveaway] To All The Boys I've Loved Before

Goodreads   IDENTITAS BUKU: Judul: To All The Boys I've Loved Before Penulis: Jenny Han Penerbit: Penerbit Spring P...





IDENTITAS BUKU:
Judul: To All The Boys I've Loved Before
Penulis: Jenny Han
Penerbit: Penerbit Spring
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Selsa Chintya
Proofreader: Yuli Yono
Ilustrasi isi: @teguhra
Terbit: Cetakan pertama, April 2015
Tebal: 377 halaman
ISBN: 978-602-71505-1-5
Status: Buntelan dari @penerbitspring
Harga: Rp 54.400 @ owlbookstore.co.id 

BLURB:
Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.

Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang ia cintaitotalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang untuk dirinya sendiri. Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkanentah oleh siapa.

Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanyatermasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.

REVIEW:

*** Ide menulis review seperti ini saya dapat dari Review Fifty Shades Of Grey di blognya Mbak Alvina @ Mari Ngomongin Buku. Makasih Mbak Vina :) ***


***

Dari: Lara Jean Song Covey
Kepada: Pembaca
Subject: Perkenalan

Halo Pembaca, perkenalkan namaku Lara Jean Song Covey atau biasa dipanggil Lara Jean. Aku anak kedua dari 3 bersaudara. Keturunan Korea-Amerika dan saat ini tinggal di Amerika. Aku tinggal bersama Daddy, Margotkakakku, dan Kattyadikku. Ya, kami hanya tinggal berempat semenjak ibuku meninggal. Hubungan kami sangat menyenangkan. Daddy orang Amerika dan Mommy orang Korea, sehingga ada beberapa budaya Korea yang kami terapkan di rumah, seperti memasak masakan Korea. 

Aku sangat mengagumi Margot. Semenjak Mommy meninggal, dialah yang menjadi pengganti Mommy untuk kami. Tapi sayangnya, Margot akan pergi ke Skotlandia untuk melanjutkan kuliahnya. Margot punya pacar, namanya Joshtetangga sebelah rumah. Kami sangat menyukai Josh, termasuk Daddy dan Kitty.

Aku punya suatu kebiasaan, yaitu menulis surat cinta. Aku menulis satu pucuk surat untuk satu orang yang aku sukai. Aku menulis surat tersebut ketika aku memutuskan untuk move on dari orang tersebut. Di surat tersebut, aku menuangkan semua yang aku rasakan. Tentang kenapa aku menyukainya atau hal apa saja yang aku tahu tentang mereka. Aku bisa menuliskan semuanya karena surat-surat itu hanya untukku sendiri. 

Ada 5 surat yang telah aku tulis selama ini: untuk Peter Kavinskycowok paling keren di sekolah sekaligus cinta pertamaku, untuk John Ambrose McClaren, Kenny, Lucas Krapf, dan untuk Josh. Yup, kalian benar, Josh yang kumaksud adalah Josh si tetangga sebelahpacar kakakku. Alasan aku berani menuliskan semua yang aku pikirkan karena surat-surat itu hanya untukku. Tidak untuk dibaca orang lain, apalagi dibaca kelima orang yang bersangkutan.

Sampai suatu hari, kelima surat tersebut secara misterius terkirim ke orang-orang tersebut. Kehidupan cintaku yang semula biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Apa yang harus aku lakukan?

***

Dari: Dyah
Kepada: Pembaca
Subject: Review novel ini

COVER -
Ga usah ditanya lagi kalo soal cover. Sejauh aku membaca review teman-teman lain tentang TATBILB ini pada puas sama cover-nya. Terima kasih Penerbit Spring tetap mempertahankan cover aslinya yang cantik ini. Ditambah pembatas bukunya yang unyu banget, seperti tiga foto yang direkatkan menjadi satu. 

Sejauh ini Penerbit Spring sudah menerbitkan dua novel dan keduanya memiliki cover dan pembatas buku yang layak koleksi. Semoga bisa dipertahankan, karena ada banyak orang-orang yang impulsif membeli suatu novel karena cover-nya yang cantik :)

- TOKOH -
Ada beberapa tokoh di novel ini, seperti:
  1. Daddy. Tipe ayah yang pengertian dengan anak-anaknya.
  2. Margot Song Coveykakak Lara Jean, dengan tulang pipi yang tinggi dan mata berwarna gelap. Orangnya dewasa banget dan pengayom. Mungkin tuntutan setelah ditinggalkan Ibunya.
  3. Lara Jean Song Covey, lebih mirip orang Korea daripada orang kulit putih. Kalian setuju nggak kalo gadis di cover itu cocok memerankan Lara Jean? Setelah beberapa minggu kepo, akhirnya aku menemukan beberapa foto yang (kemungkinan) adalah si 'Lara Jean'. Apakah gadis di bawah ini mirip dengan Lara Jean di cover?
  4. sumber: instagram @missjennyhan

  5. Katherine 'Katty' Song Coveyadik Lara Jean, dengan rambut coklat muda.
  6. Josh Sanderson(mantan)pacarnya Margot dan salah satu orang yang disukai Lara Jean. Memiliki rambut berwarna coklat, mata hijaunya terlihat keruh di bagian tengah, termasuk cowok yang kurus tapi kuat, ada bintik-bintik di wajahnya, dan ada lesung pipit di pipi kirinya.
  7. Peter Kavinskycinta pertama Lara Jean sekaligus cowok paling keren di sekolah. Orangnya tampan, tinggi, santai, dan humoris.
  8. Genevievemantan pacarnya Peter. Tipe-tipe cewek cantik dan populer.
Sebenarnya aku berniat membuat imaginary cast-nya. Berhubung ga dapat bayangan sama sekali, akhirnya ga jadi. Mungkin kalian punya imaginary cast untuk masing-masing tokoh di atas? XD

- CERITA -
Meskipun dari judulnya kelihatan romance banget, tapi isinya ga melulu tentang cinta-cintaan kok. Malah banyak interaksi antara gadis-gadis Song dan ayahnya. Karena ayah dan ibunya berasal dari daerah yang berbeda, beberapa budaya juga ikut disebutkan di dalam novel.

Ada satu hal yang "agak lucu" di sini. Ternyata menurut budaya Amerika, s*ks di luar nikah itu lebih bisa diterima daripada mencontek di sekolah

Yup, kalian ga salah baca. Hal ini terlihat ketika Lara Jean diberitahu bahwa Peter ini bukan anak yang baik karena ia pernah ketahuan mencontek sekali. Seolah-olah sekali mencontek itu adalah aib terbesar dan sangat memalukan. Sedangkan s*ks sebelum menikah itu biasa saja.

Berbeda sekali dengan Indonesia. Tapi aku setuju dengan budaya tidak menconteknya mereka. Kadang berasa ga adil kalo yang belajar kalah dengan yang mencontek *curhat :")*

- QUOTES -
Ada beberapa quote yang aku suka di novel ini, antara lain:
Tidak ada gunanya bertanya-tanya tentang apa yang mungkin terjadi. Tak seorang pun bisa memberimu jawaban. [hal: 17]
"Ada apa sih dengan cewek dan hujan?" Peter bertanya-tanya. "Aku tak tahu... kurasa mungkin karena segala sesuatu terlihat lebih dramatis di bawah guyuran hujan." [hal: 159]
 "Aku hanya membiarkan orang mempercayai apa yang mereka inginkan. Aku tidak berkewajiban untuk menunjukkan diriku pada mereka." [hal: 170]
Aku tidak harus takut pada perpisahan, karena perpisahan tidak selalu untuk selamanya. [hal: 376] 

5 bintang untuk Lara Jean dan surat-suratnya :)


***

Ternyata masih ada buku keduanya loh. Berdoalah semoga Penerbit Spring mau menerbitkannya lagi dengan mempertahankan cover asli ditambah dengan pembatas buku yang cantik X)



G I V E A W A Y

Halo teman-teman. Selamat datang di The Chocolate Tale, blog ke-15 dalam Blog Tour To All The Boys I've Loved Before dari Penerbit Spring. Seperti yang kalian ketahui, dalam Blog Tour kali ini Spring akan menyediakan 2 buku TATBILB untuk 2 orang pemenang di masing-masing host Blog Tour.

Langsung saja, ini dia syarat-syarat giveaway TATBILB di The Chocolate Tale:

  1. Peserta berdomisili di Indonesia atau mempunyai alamat kirim di Indonesia.
  2. Follow twitter @penerbitspring.
  3. Share informasi giveaway di Facebook atau Twitter dengan mencantumkan link ke postingan ini dan me-mention @dyahmuawiiyah dan @penerbitspring.
  4. Jawab pertanyaan ini, "apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?"
  5. Tuliskan jawabanmu di kolom komentar pada postingan ini dengan mencantumkan nama, kota domisili, alamat email, twitter, dan link share giveaway.
  6. Periode giveaway dari 30 April 2015 - 14 Mei 2015. Pemenang akan diumumkan 1-3 hari setelah giveaway berakhir.
  7. Konfirmasi pemenang adalah 2x24 jam. Jika tidak konfirmasi, akan dipilih pemenang baru.
  8. Apabila ada pertanyaan, sila tanyakan di kolom komentar atau mention saya di twitter.

K U I S   F I N A L E

Silakan ikuti seluruh Blog Tour TATBILB kali ini dan kumpulkan kepingan puzzle dari masing-masing blog! :)


Untuk jadwal Blog Tour kali ini, dapat dilihat di sini.
Happy Blog Tour! =)

You Might Also Like

32 comment(s)

  1. ikutan yaaa =)

    Nama : Amilah Rahmatunnisa
    Kota : jakarta timur
    Email : jungbaekmila@yahoo.com
    Twiiter : @milehyaa
    Link Share : https://twitter.com/milehyaa/status/593738174267981824?lang=id
    "apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?"

    Jawab : Yang aku lakukan
    1. menjelaskan apa yang terjadi sebenarnya pada orang-orang yang dikirimi surat itu. Diantara mereka mungkin, ada yang salah paham dengan adanya surat itu. Aku ingin menjelaskan ke mereka, bahwa surat-surat itu adalah surat yang kutulis untuk melampiaskan perasaan cintaku dulu pada mereka. Akupun mungkin akan menjelaskan bahwa aku juga tidak tahu mengapa surat itu terkirim ke mereka?.

    2. Berterimakasih kali yaa =D pada sang pengirim surat. Setidaknya walau malu, Tapi, membuat orang yang kusuka mengetahui perasaanku "dulu" padanya. Dan bisa saja di antara mereka mulai ada yang tertarik padaku. Semuanya bisa saja terjadi bukan?

    #Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Nama: Dheril Sofia Nanda
    Kota: Kediri
    Email: dherilsofia@gmail.com
    Twitter: @sofiaidrish
    Link share: https://twitter.com/sofiaidrish/status/593746702235865088

    Jawaban:

    Sungguh akan sangat memalukan jika aku harus berada di posisi Lara Jean. Sementara aku masih bingung menyimpan perasaanku, aku harus dihadapkan pada kenyataan bahwa curahan hatiku diketahui olehnya tanpa sepengetahuanku. Itu seolah melanggar privasiku tapi mau bagaimana lagi? Semuanya sudah terungkap dan aku hanya bisa mengakuinya atau bersikeras menolak dan memungkiri apa yang telah terbuka. Mengakui bukan hal yang mudah. Karena niat awal menulis surat-surat cinta itu memang bukan untuk disampaikan tapi dijadikan rahasia. Oh, betapa sangat membingungkan apa yang perlu lagi kujelaskan atas surat-surat itu pada yang bersangkutan karena toh semuanya sudah kutumpahkan di surat-surat itu. Memungkirinya mungkin hanya akan menambah bebanku, membuatku merasa dihantui terus-terusan dan memicu permasalahan lain. Jadi mungkin ini yang akan kukatakan para mereka yang terpaut oleh surat-surat cinta rahasiaku itu.

    Aku menulis surat-surat itu karena aku memang mencintai orang-orang yang kutuju. Namun karena beberapa alasan aku takkan mungkin mengatakan perasaanku secara langsung seperti ketika Lara Jean jatuh cinta pada pacar kakaknya sendiri. Ini bukan sebuah masalah sepele jika dipikirkan matang-matang. Bukan persoalan cinta tetapi persaudaraanku dengan kakakku bisa saja merenggang. Dan mungkin dengan terbukanya rahasiaku, itu bisa menjadi pelajaran bagiku dan orang lain bahwa kejujuran itu patut dihargai meskipun harus dirahasiakan sebelumnya.

    Terimakasih untuk giveaway-nya. Salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Nama : sandra febry adriani
    Kota: pariaman
    Twitter: @sandra129499os
    Link: https://mobile.twitter.com/SandRa129499OS/status/593745812640829441?p=v

    apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?

    Aku akan langsung buat surat ijin sakit selama seminggu! Dengan pura-pura demam dan flu... Teruss aku akan mengurung diri selama seminggu juga ( ga termasuk mogok makan lohh) dan bersembunyi di bawah kasur. Ga akan nerima telpon dan ngebalas sms sama email. Sambil rutuki diri sendiri trus nyari cara buat nyembunyiin wajah kalo sampe ketemu sama cowo cowo itu,, aku juga akn mencari dan beri pelajaran sm orng yg iseng ngirim surat2 itu..
    Soal cowo itu, kalau aku ketemu dia aku akan bilang yg sebenernya (walau ga yakin) teruss bilang gini, "surat itu udah lama bangetn jadi jangan geer ya dan berpikir kalau aku masih suka sama kamu" terus pergi deh :D

    ReplyDelete
  4. Q: apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?

    A: there's nothing that I can do selain keep enjoying my days sembari menunggu respon dari si penerima surat. Aku nggak mau merepotkan diriku sendiri dengan memberi penjelasan satu persatu kepada mereka.
    Jika mereka cuek dan tidak merespon apa-apa, ya sudah, berarti nggak ada yang harus dikonfirmasi dan aku nggak mau manjangin tali kelambu. Toh, curahan perasaanku dalam surat itu beberapa diantaranya sudah kadaluarsa. Maksudku, aku nggak punya perasaan lagi kepada orang yang dituju di surat tersebut.
    Tapi kalau mereka malah mencariku dan meminta penjelasan, maka aku hanya bisa jujur kalau surat itu memang tulisanku, aku pernah/sedang punya perasaan terhadapnya, tapi sesungguhnya surat itu bukan aku yang mengirimnya dan memang tidak ada niat untuk memberikannya. It was an accident.
    Sisanya? Selanjutnya? Ah, biarlah hanya Tuhan yang tahu akan seperti apa dan bagaimana. :D


    Nama: Aya Murning
    Kota: Palembang
    Email: ayamurning@gmail.com
    Twitter: @murniaya
    Link: https://twitter.com/murniaya/status/593782847514677251

    ReplyDelete
  5. nama : Alvina Ayuningtyas
    kota domisili : Solo
    alamat email : orybun@yahoo.com
    twitter : @alvina13
    link share giveaway : https://twitter.com/alvina13/status/593796132511223810


    Aku...cuek aja sih. wkwkwkkw. kecuali kalau mereka meminta balikan lagi. nah itu baru masalah ((pede banget)). Jadi aku akan menjalankan rutinitasku seperti biasanya, seakan terkirimnya surat itu bukan sebuah bencana besar bagiku. (((eaaaa))

    ReplyDelete
  6. Nama: Deasy Arie Rosalina
    Kota: Bekasi
    Email: deena.rosalina@gmail.com
    Twitter: @DEENAmond
    Link Share: https://mobile.twitter.com/DEENAmond/status/593815759400218624

    Aku sih pasti panik. Paniknya karena belum persiapan hati... namanya aja ga sengaja kekirim. Tapi kalo udah dibaca sama mereka semua, ya... pasang muka keren aja. Meski dalam hati pengen menjerit, huwaaaaaa....
    i know, kontradiksi. Apalagi kalau ternyata abis baca surat cinta itu mereka jadi pada menyatakan cinta semua padaku #hyah #mimpiajaterus

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Wah, bisa bahaya tuh kalau rahasia seperti surat cinta sampai ketahuan.
    Aku pasti akan langsung pesan tiket pesawat terus bersemedi di Norwegia lau perlu ke Rusia. Jadi cowok yg mendapat surat cintaku gak akan bisa menemukanku. Aku malu bgt kalau mereka menghampiriku lagi padahal aku sudah tidak menyukai mereka lagi.
    nanti mereka kira aku masih mengharapkan cinta dari mereka.
    No way! Aku pilih untuk lari ke ujung dunia. Hilang dari sejarah.

    Nama: Ficha Ranjani
    Kota: Tangerang
    Email: ficharanjani98@gmail.com
    Twitter: @ficharanjani
    Link: https://twitter.com/ficharanjani/status/593978056668160000

    ReplyDelete
  9. Pasti aku bakal malu banget kalo 'surat cinta' yang aku tulis untuk orang yang pernah ku cintai terkirimkan. Walau surat cinta itu aku tulis saat ingin melupakan 'seseorang', namun tetap saja, intinya itu adalah 'surat cinta'
    Kalau sang penerima cuek aku juga bakal cuek dan bersyukur karna dia gak minta penjelasan dari isi surat itu. Tapi kalau sang penerima meminta penjelasan, aku bakal ngejelasin semuanya ke dia. Dan aku juga bakal berterima kasih pada 'orang yang telah mengirimkan surat cinta ku itu, walaupun hal itu membuat ku marah, malu dan panik, tapi perasaan ku terhadap 'seseorang' yang dulu pernah ku sukai akan tersampaikan^^

    Nama : Saharani Indriyanti
    Kota : Jakarta Barat
    Email : ranikurniawan26@gmail.com
    Twitter : @saharani01
    Link Share : https://twitter.com/saharani01/status/594173123664084992

    ReplyDelete
  10. Nama: Asy-syifaa Halimatu Sa'diah
    Domisili: Bandung
    Email: asysyifaahs(at)yahoo(dot)com
    Twitter: @asysyifaahs
    Link share: https://twitter.com/asysyifaahs/status/594230432733888514

    Terkejut pasti, kenapa tiba-tiba suratku yang tersimpan rapi bisa ada di tangan penerimanya. Tapi, kalau aku sih, malah senang, dengan begitu aku nggak harus susah payah mengirimkannya satu per satu atau memendam perasaan ini terlalu lama, karena toh orangnya juga sudah tahu sendiri. Nggak akan dibikin pusing lah, cuek aja, siapa tahu salah satu di antaranya ada yang diterima *hueeek* :D

    ReplyDelete
  11. Jawaban: Pasti kaget!!!! Siapaaa yg tega mengirimkan semua surat cintaku!!? :v . tapi agak malu juga yak kalau ngobrol dihadapan cowok yg kita sukai :v Tetapi tak aapa lah, aku akan jujur saja bahwa aku yg menuliskan surat2 itu kepada cowo yang aku sukai, menjelaskan lebih detail.

    nama: Aubrey Biancanitta
    kota domisili: Serang
    alamat email: biancanitta@gmail.com
    twitter: @biancanitta
    link share giveaway: https://twitter.com/biancanitta/status/594369923532525568

    ReplyDelete
  12. Nama : Maria Azmi P
    Domisili : Jakarta Selatan
    Email : nella_azmi@yahoo.com
    Twitter : @piescessanella_
    Link share : https://twitter.com/piescessanella_/status/595022224651747328
    Jawaban : Hal pertama pasti kagetnya minta ampun, gugup dan gag tau harus ngapain. Duduk merenung dipojokan sambil nanya dalam hati, "kok bisa ya?" Tenangin hati perlahan lahan sambil mikir gimana caranya jelasin surat2 itu. Sambil mencoba memberanikan diri menghadapi cowok2 itu pastinya =)

    ReplyDelete
  13. Haduh rumit juga tuh permasalahannya kalau begitu. Karena ndak mau numpuk dosa terlalu banyak, jadi saya jujur aja apa yang terjadi sebenarnya daripada jujur untuk kebaikan tetapi dosa juga, kan mending jujur.

    Jadi sayamenceritakan ke cowok itu kalau memang benar adanya saya yang menulis surat tersebut, lalu saya jelasin panjang × lebar × tinggi kalau benar bukan saya yang mengirim surat tersebut. Kalau dia tidak percaya, yaudah cuek aja & terserah dia mau bilang apa! Dengan begitu, maka masalah tidak bertambah rumit & merasa lega karena jujur :)

    Nama: Musdalifah Putri
    Kota domisili: Serpong, Tangerang Selatan
    Email: musdalifahpoetry@yahoo.com
    Akun twitter: @MusdalifahYeaa
    Link share giveaway: https://twitter.com/MusdalifahYeaa/status/594814409106530304

    ReplyDelete
  14. Nama : Sri Desinta Ginting
    Domisili : Binjai, Sumatera Utara
    Email : sridesintaginting@gmail.com
    Akun twitter : @dshinta_gtg
    Link share : https://twitter.com/dshinta_gtg/status/594804978000080896

    Apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?
    Mau gimana lagi ya, sudah terkirim juga. Aku akan mencoba memahami situasi dan kondisinya. Harus benar-benar berpikir untuk membuat langkah. Karena memang sudah terkirim, diakui deh. Bilang aja surat itu sudah lama aku tulis, jadi kalau terkirim saat ini mau diapain coba.

    ReplyDelete
  15. Nama : Sofhy Haisyah
    Domisili : Makassae
    Email : sofhyhaisyah28[at]gmail[dot]com
    Akun twitter : @Sofhy_Haisyah
    Link share : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/595422940767907841

    Apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?

    Gimana yaa.. Panik, iya. Malu, iya. Tapi senang karena perasaan tersampaikan secara tidak langsung, juga iya ^^

    Yaa, mungkin aku bakal menghubungi orang yang bersangkutan aja sih. Minta ketemuan, pengen bicara, dan jelaskan sebenarnya aku nulis seperti itu hanya sekedar untuk meluapkan perasaan suka aku yang belum tentu bisa dibalaskan olehnya. Aku juga akan menjelaskan, bahwa surat itu aku tulis karena tidak berniat untuk mengganggu kehidupan dia. Melainkan, karena aku sudah terlalu tahap rasa suka yang over. Jadi saking takut kehidupannya terganggu, jadi aku pendam dan rahasiakan sendiri.

    Dan terakhir, aku bakal minta maaf. Andaikata, jika kejadian surat yang terkirim itu kini mengganggu dia, atau jalinan hubungannya dengan orang lain.

    ReplyDelete
  16. Nama : Irmawati
    Domisili : Bandar Lampung
    akun twitter : @irmaa_waati
    E-mail : irmawati0337@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/irmaa_waati/status/595821990495256577?p=v

    Jawaban : Jika surat2 yg kutulis terkirim ke orang-orang yg pernah ku sukai, aku akan pura-pura cool, pura-pura cuek dan sok-sok udah lupa kalo pernah surat cinta itu. Kalo mereka menanyakan perihal surat itu aku akan jawab dengan sesantai mungkin dan agak konyol, aku akan bilang ke mereka gini, "oh iya waktu itu aku emang pernah nulis surat itu sih, hehe. Tapi aku cuma iseng-iseng doang gimana rasanya nulis surat cinta dan aku juga gatau kenapa surat itu bisa ke tangan kalian, kayak sulap ya, hahaha. Lagian aku juga udah lupa kapan nulis surat itu, jadi udahlah lupain aja. Gak penting lagi kan?"

    Padahal dalem hati mah pasti deg-degan juga waktu ngomongnya, terus aku juga gak tinggal diam. Aku pasti bakalan nyelidikin siapa yg tega ngirimin surat-surat itu. Akan aku beli pelajaran dia! Haha :)

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Nama : Anis Antika
    Kota domisili : Surabaya
    Email : anis_antika@yahoo.com
    Twitter : @AntikaAnis
    Link share giveaway: https://twitter.com/AntikaAnis/status/595899144465616896
    Jawaban:
    Melihat dari sifat pemaluku, sih, sepertinya kalau aku menjadi Lara Jean yang akan kulakuakan adalah sebisa mungkin menghindari kelima cowok itu. Bagaimana pun caranya aku nggak boleh bertemu mereka karena pasti mereka akan menanyakan tentang kebenaran surat tersebut, dan aku tidak mempunayi jawaban untuk itu. Walau sebenarnya aku bisa menyangkal dengan mengatakan bahwa surat itu bukan aku yang menulisnya─tapi sekali lagi, dengan kepribadianku yang nggak bisa berbohong pasti akan sangat ketahuan tentang alasan palsuku itu. Jadi, satu-satunya cara untuk menghindari rasa malu adalah menghindari mereka berlima. Toh aku juga sudah nggak mencintai mereka, kan? Bukankah surat itu dibuat sebagi salam perpisahan. Seiring berjalannya waktu nanti mereka juga akan lupa. Dan disaat itu terjadi, semua akan kembali baik-baik saja.

    ReplyDelete

  19. Duh Susah ya kalo gitu ibarat maling udah ketangkap basah ... Kalo aku gimana yaa namanya orang malu gimana sih paling menyendiri dulu dikamar buat ngumpulin kepercayaan diri trus kalo udah ngumpul baru keluar kamar nah kalo ketemu Dia trus ditanya yaa tinggal jawab aja emang iyaa mau gimana lagi coba untuk hasilnya nanti gimana itu urusan belakangnn yang penting ngaku dulu .. ya macam tersangka gt kalau ngakuin perbuatan kan dapat keringanan yaah kalo aku ngaku mungkin jadi lebih plong dan malunya agak berkurang kalinya ... Setidaknya keberanianku akan dihargai

    Arum Okta S | Mojokerto | arum.okta12@gmail.com | okta_s3233pm | Aquh Arum | https://mobile.twitter.com/Okta_S3233PM/status/595911637879693312?p=v

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=836350439754125&id=100001375315442&refid=17&_ft_=top_level_post_id.836350439754125

    ReplyDelete
  20. Nama : Frida Kurniawati
    Kota domisili : Yogyakarta
    Email : kimririn93@ymail.com
    Twitter : @kimfricung
    Link share giveaway : https://twitter.com/kimfricung/status/596258811309993986

    Karena aku bergolongan darah B *halah apa hubungannya*, maka aku akan stay cool dan cuek. Santai aja, tetap jalani kehidupan sehari-hari dengan ceria. Kalau mereka mendatangiku dan minta penjelasan, ya aku akan menjelaskan dengan senang hati. Kalau mereka ternyata juga punya perasaan padaku, aku akan mempertimbangkannya haha *pede banget*.

    ReplyDelete
  21. Apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?

    Melakukan aktivitas seperti biasa, namun masih diliputi perasaan gelisah dan khawatir. Gelisah akan bagaimana reaksi orang-orang yang mendapat surat cinta saya dan khawatir kalau-kalau mendapatkan reaksi balasan dari mereka. Saya juga tidak akan menyesali kalau surat itu akhirnya terkirim. Buat apa menyesal? Nasi sudah menjadi bubur dan menyesal pun tidak dapat mengubah apapun. Apakah ketika saya menyesal, surat itu kembali kepada saya sebelum dibaca penerimanya? Kan tidak. Jadi saya akan menghadapi setiap apapun yang akan terjadi.

    Rina Eko Wati | Tulungagung | rinaeko87@gmail.com | @HikariMio | Link : https://twitter.com/HikariMio/status/596269334965583872

    ReplyDelete
  22. nama : Yulyanti Septi
    kota domisili : Samarinda
    alamat email : Yulyanti_Septi@yahoo.com
    twitter : @ZULYA_KU
    link share giveaway on twitter : https://twitter.com/ZULYA_KU/status/596556002448674816
    link share giveaway on facebook : https://www.facebook.com/movic.partii/posts/821404401248845
    link share giveaway on Google+ : https://plus.google.com/u/0/+YulyantiSeptiStory/posts/3mhGNwngezL

    Jawaban :
    "apa yang akan aku lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?

    I would have been very surprised. speechless.
    Sesuatu hal yang aku gak mau satu orangpun tau. sesuatu yang sama sekali ngak pengen aku bagi kesiapapun tiba2 diketahui. kamu tau rasanya gimana??
    Yang pertama aku rasain pasti MARAHHHHH BANGET sama orang yang dengan lancang mengusik privasi ku. Dan aku ngak akan pasrah ngebiarin gitu aja. aku bakal cari tau sampai aku dapetin orang yang jadi dalang atas terkirimnya surat2 pribadiku itu yang semestinya gak pengen aku kirim.

    Mending kalau isi surat ku itu masih wajar, nah lo kalau kata katanya alay tingkat tinggi sampe kayak para pujangga gimana coba ? kan aku bisa malu dibaca sama cowok2 itu. Apalagi pas berpapasan dijalan, duhhhh gak berani dah liat mukanya. :p

    ReplyDelete
  23. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Kota: Bogor
    Email: Anandanftrn@gmail.com
    Twitter: @anandanf07
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/595259407522398209 https://twitter.com/anandanf07/status/596781427322064896

    Apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?

    Aku akan melihat reaksi mereka (cowok-cowok yang menerima surat dariku itu) terlebih dahulu. Kalau mereka ga nunjukin reaksi apa-apa, ya berarti aku juga ga usah ngapa-ngapain, cuek aja dan lanjutin kehidupan kaya biasa. Kecuali kalau mereka nanya apa maksud surat itu, baru aku akan menjelaskan kronologisnya. Abis itu? Ya selesai. Nothing i can do. Toh, mereka udah baca suratnya kan? Aku akan (mencoba) bersikap biasa lagi sama mereka *walaupun pastinya agak canggung dan malu dikit ya hihi😂 *, supaya mereka juga ga canggung. Tapi pengecualian buat Margot, dia tau surat cinta Lara Jean buat Josh kan? Nah, kalau yang satu ini aku ga nunggu reaksi dia, tapi aku bakal beraksi duluan. Karena dia kakak ku, dan aku ga mau ada kesalah-pahaman dalam hubungan keluarga. Tanpa diminta pun aku akan langsung menjelaskan dan minta maaf, supaya permasalahan nya ga melebar :)

    Thanks for GA nya kak dyah :D wish me luck ^o^

    ReplyDelete
  24. Nama : Renzy Ardyanti
    Kota domisili : Ponorogo
    Alamat email : renzyardyanti3@gmail.com
    Twitter : @ardyantiR
    Link Share : https://twitter.com/ardyantiR/status/596851215192887297

    "Apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?"

    Pertama aku pasti kaget dan dibingungkan tentang bagaimana surat itu bisa terkirimkan dan oleh siapa pelakunya.Dan untuk mereka yang menanyakan kebenaran tentang surat itu tidak ada pilihan yang lebih baik selain jujur tapi aku juga harus menanggapinya dengan santai dan pasti cepat atau lambat berita ini akan musnah dengan sendirinya.tapi jika aku masih menyukai salah satu dari mereka dan ternyata dia menyukaiku mungkin ini memang keberuntunganku kecuali jika itu josh sekalipun aku menyukainya tapi tetap saja dia adalah mantan kakakku dan andai saja josh juga menyukaiku berpacaran dengan mantan kakak sendiri adalah hal yang paling buruk dibanding dengan memacari mantan teman sendiri.lebih baik aku mengubur perasaanku dan mencari laki-laki lain karena masih banyak laki-laki didunia ini yang bisa dipacari tanpa resiko

    Thanks ^^

    ReplyDelete
  25. Nama : Ianah El Sholikhah
    Kota domisili : Jakarta Timur
    Alamat email : ianah212@gmail.com
    Twitter : @iannah212
    Link share :
    [FB] https://m2.facebook.com/story.php?story_fbid=10202800452892123&id=1824751947&_rdr
    [Twitter] https://mobile.twitter.com/iannah212/status/596892388494180352

    Jawaban :
    "Apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?"

    Apabila surat-surat itu terkirim ... yang pasti kaget, dan pasti pikiran jadi kalut waktu awal-awal tau.
    Setelah pikiran tenang dan mungkin si penerima surat menanyakan, jawab saja seadanya. Jelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Karena udah sama-sama dewasa, pasti bisa ngerti kok ^^

    Dan di balik insiden itu, mungkin kita malah bisa jadi lebih deket sama mereka. Karena yang awalnya ngga tau apa-apa, mereka jadi tau kalo pernah ada kita disana. Jangan lupa bilang makasih sama yang ngirim surat kalo ini benar-benar terjadi, haha >.< Ambil sisi positif aja. Let it flow dan hadapi semuanya. Kalo bisa, jangan sampe ada yang ditutup-tutupi. Tapi kalo benar-benar terpaksa dan lebih baik tidak diungkapkan, lebih baik simpan dalam hati :)

    Di balik setiap peristiwa pasti ada alasan dan ada dampaknya, baik itu baik maupun buruk. Jadi, nikmati saja setiap proses yang harus kita hadapi ^^

    Terimakasih ^^

    ReplyDelete
  26. Apa yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi Lara Jean ketika surat-surat cintanya terkirim?
    Jawaban : Nasi sudah menjadi bubur, tidak ada lagi yang bisa aku perbuat.
    Maunya sih bisa mengulang waktu sehingga aku bisa mencegah surat-surat pribadiku itu terkirim.
    Tapi sudah tentu itu tidak mungkin.
    Yang bisa aku lakukan hanyalah menghadapinya. Pastinya malu banget, jelas-jelas aku menulis surat-surat cinta tersebut untuk aku simpan sendiri dan bukan untuk diketahui orang lain.
    Jika mereka datang untuk bertanya padaku, akan aku jelaskan yang sebenarnya terjadi. Tentu saja aku juga akan menjelaskan bahwa memang surat-surat tersebut ditulis oleh diriku, namun bukan untuk dikirim pada mereka, melainkan hanya untuk diriku sendiri.
    Harapanku sih mereka mau memahami penjelasanku (dan harapanku yang sebenarnya adalah tidak ada satupun dari mereka yang datang dan meminta penjelasan padaku.^^)

    nama : Shiela Hartiningtyas
    kota domisili : Cirebon
    alamat email : yskasim@gmail.com
    twitter : @ruth_shiela
    link share giveaway : https://twitter.com/ruth_shiela/status/597785168963706880

    ReplyDelete
  27. Nama : Hary Gimulya
    Kota domisili : Bandung
    Email : harygimulya@gmail.com
    Twitter : @angels_rutherfo
    Link share giveaway : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/597787933962149888

    Jawaban : Aku akan langsung mengontak/mendatangi mereka untuk meminta maaf.
    Mungkin memang bukan salahku surat-surat yang aku tulis tersebut bisa sampai ke tangan mereka, namun bagaimanapun juga itu adalah surat cinta yang telah aku tulis.
    Aku khawatir surat-suratku itu bisa membuat cowok-cowok yang menerima surat itu jadi merasa tidak nyaman.
    Yang lebih parahnya lagi adalah jika mereka sudah memiliki pasangan dan pasangan mereka membaca suratku itu, bukan tidak mungkin pasangannya akan cemburu/salah sangka.
    Jadi langkah pertama yang harus aku lakukan adalah langsung meminta maaf pada mereka serta menceritakan kejadian sebenarnya.
    Langkah selanjutnya adalah mencari tahu siapa yang telah iseng mengirim surat-surat pribadiku.
    Aku yakin sekali surat-surat yang aku tulis itu telah disimpan dengan baik dan rapi dalam kotak topi pemberian ibu.
    Kalau ketemu pelakunya, bakal langsung aku tanyakan alasannya menyebarkan surat-surat cintaku itu.

    ReplyDelete
  28. Nama : Fatima Ulya S.
    domisili : Pamekasan, Madura
    email : faulyafts@yahoo.com
    twitter : @anotheruye
    link share : https://twitter.com/anotheruye/status/598489749196701696

    jawab : aaaaaaa! bakal guling-guling malu yang jelas. karena malu yang mau bilang langsung, walaupun dengan suratnya terkirim orang yang kita suka jadi tau perasaan kita, tapi rasanya gimanaaa gitu. deg degan nunggu jawaban sekaligus malu(lagi). jadi aku bakal:
    1. kirim sms ke mereka. minta maaf dan bilang itu lho udah jadul banget.
    2. tetep seperti biasa aja kalo gitu. takutnya kalo bersikap nggak biasa, ketauan banget 'ada apa-apanya'
    3. kalo ketemu ya tetep akrab terus kalau ditanya, kamu yang kirim surat? aku bakal jawab: entahlah, mungkin diriku yang lain yang ngirim, hehe

    :D

    ReplyDelete
  29. nama: hendra budi gunawan
    kota domisili: yogyakarta
    alamat email: hendrathe17@yahoo.co.id
    twitter:@henker_gunawan
    link share giveaway.: https://twitter.com/henker_gunawan/status/598500638142500866


    Kaget pasti iya tapi aku tak bisa selamanya bersembunyi atau menghindar apabila penerima surat cinta tersebut bertanya kepadaku. Kalau mereka bertanya padaku akan kujawab,"Surat cinta itu memang aku yang nulis. Bukan bermaksud apa-apa. Surat itu kutulis sebagai bentuk perasaan yang tak mungkin terjawab" aku akan mengucapkannya sambil tersenyum lalu mohon pamit dengan alasan apapun. hahaha
    mungkin aku ingin menampilkan karakter cool dan percaya diri yang membuat penerima surat itu tak ingin mengungkit masalah surat cinta lagi.

    ReplyDelete
  30. nama : istiqomah steviani
    kota domisili : purwokerto
    alamat email : stevianii5@gmail.com
    twitter : @ISteveiani
    link share : https://twitter.com/ISteviani/status/598719429745119232

    Ketika aku berada dalam posisi seperti itu, pasti aku sangat terkejut dan harus berpikir keras bagaimana caranya agar menyelesaikan masalah ini. Yang pertama harus aku lakukan, adalah minta maaf dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Ketika respon mereka mau mendengarkan aku dengan baik, dan bertimbal balik dengan baik-baik juga itu artinya mereka sudah menerima apa yang sudah terjadi dan memaafkannya. Namun ketika salah satu dari mereka yang dulunya dekat, dan sekarang cuek dan menjauh. Itu hal yang wajar, mungkin mereka risih atau agak canggung denganku ketika berada di sisiku. Bahkan cuek dan menghindar sekalipun, aku tidak apa-apa. Yang terpenting aku sudah meminta maaf dan menjelaskan semuanya. Entah mereka akan menerimanya atau tidak. Dan ketika aku berada dalam posisi ini, aku tidak akan mengulanginya, ketika aku suka dengan seseorang, aku akan mengungkapkannya meskipun dalam bentuk surat kaleng. Hal itu akan lebih membuat hatiku tenang daripada seperti ini, entah siapa yang mengirimkan surat-surat itu secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dan izinku, itu sudah membuat orang malu dan sangat malu. Aku akan meminta maaf dan menjelaskannya kepada mereka, apapun itu resikonya...karena dari awal akulah yang memulainya dan tak berani mengungkapkannya secara langsung.

    ReplyDelete
  31. Nama : Inggit Nurbaety
    Domisili : Tasikmalaya
    Email : inggitnurba@gmail.com
    Twitter : @inggitnurba
    Link share : https://mobile.twitter.com/inggitnurba/status/597789997379518464?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8410792595
    Jawaban : Saya bukan tipe orang yang benar-benar gampang mencintai pada seorang pria. Ketika sekali saya mencintainya maka untuk waktu yang lama saya akan tetap mencintainya. Sejujurnya pertama kali saya benar-benar menyukai seorang pria adalah kelas 2 smp. Saya memanggilnya Mr. X. bagi saya dia adalah seorang yang gak gampang dicapai. Posisinya disekolah membuat saya berfikir 2 kali haruskah saya benar-benar mencintainya? Sama halnya sepeti Lara Jean, waktu smp saya benar benar pernah menuliskan surat untuknya tapi bukan untuk saya kirim. Saya hanya simpan dan sampai sekarang mungkin masih ada namun entah dimana (terlalu banyak berkas-berkas sekolah sampai kelas XI ini). Saya tidak bisa membayangkan bagimana jadinya bila surat itu sampai. Kaget pasti iya, yang pastinya mungkin saya akan mematung beberapa saat dan mengatakan, “Mencintai bukan sesuatu yang salah bukan? Siapapun itu orang nya? Saya minta maaf.” Aku mungkin akan terus membayangkan seberanikah itu saya?, dan untuk hal selanjutnya seperti yang sering saya lakukan ketika sesuatu benar-banar membuat diri ini tak berdaya, atau tak berguna biasanya saya menghentikan semua pekerjaan yang biasa disebut penting. Mungkin saya kurang professional tapi saya hanya ingin meraskan luka itu (rasa malu) perlahan sembuh. Sesaat menjadi orang yang sentimental.

    ReplyDelete
  32. Nama : Inggit Nurbaety
    Domisili : Tasikmalaya
    Email : inggitnurba@gmail.com
    Twitter : @inggitnurba
    Link share : https://mobile.twitter.com/inggitnurba/status/597789997379518464?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8410792595
    Jawaban : Saya bukan tipe orang yang benar-benar gampang mencintai pada seorang pria. Ketika sekali saya mencintainya maka untuk waktu yang lama saya akan tetap mencintainya. Sejujurnya pertama kali saya benar-benar menyukai seorang pria adalah kelas 2 smp. Saya memanggilnya Mr. X. bagi saya dia adalah seorang yang gak gampang dicapai. Posisinya disekolah membuat saya berfikir 2 kali haruskah saya benar-benar mencintainya? Sama halnya sepeti Lara Jean, waktu smp saya benar benar pernah menuliskan surat untuknya tapi bukan untuk saya kirim. Saya hanya simpan dan sampai sekarang mungkin masih ada namun entah dimana (terlalu banyak berkas-berkas sekolah sampai kelas XI ini). Saya tidak bisa membayangkan bagimana jadinya bila surat itu sampai. Kaget pasti iya, yang pastinya mungkin saya akan mematung beberapa saat dan mengatakan, “Mencintai bukan sesuatu yang salah bukan? Siapapun itu orang nya? Saya minta maaf.” Aku mungkin akan terus membayangkan seberanikah itu saya?, dan untuk hal selanjutnya seperti yang sering saya lakukan ketika sesuatu benar-banar membuat diri ini tak berdaya, atau tak berguna biasanya saya menghentikan semua pekerjaan yang biasa disebut penting. Mungkin saya kurang professional tapi saya hanya ingin meraskan luka itu (rasa malu) perlahan sembuh. Sesaat menjadi orang yang sentimental.

    ReplyDelete