April 20, 2015

[Book Review] Wonderstruck


IDENTITAS BUKU:
Judul: Wonderstruck
Penulis: Brian Selznick
Penerbit: Mizan Fantasi
Penerjemah: Marcalais Fransisca
Penyunting: Dhewiberta
Pemeriksa aksara: Iyan Wb.
Perancang sampul: Brian Selznick
Ilustrasi isi: Brian Selznick
Terbit: Cetakan I, November 2013
Tebal: 640 halaman
Status: Pinjem Mbak @alvina13
ISBN: 978-433-685-4

BLURB:
Kawanan serigala itu menatap Ben lekat dengan taring-taring putih berkilat dan lidah merah menjulur. Mereka mulai berlari melintasi hamparan salju tak berbatas di bawah terpaan sinar bulan. Jantung Ben berdegup bertalu-talu. Keringat mulai mengucur deras. Mimpi yang sama. Apa maksud semua ini? Mengapa mimpi-mimpi itu terus menghampirinya sejak kecelakaan itu terjadi? Andai Ben tahu, mimpi-mimpi itu barulah awal dari rentetan kejutan dalam hidupnya dan ... petunjuk berharga untuk menemukan sang ayah yang lama menghilang.

Wonderstruck, disanjung pembaca di seluruh dunia sebagai salah satu buku menakjubkan. Ilustrasi yang sarat makna berpadu dengan teks yang mengalir menjadi satu cerita yang utuh, membuat Selznick layak disebut genius.

REVIEW:

Ben Wilson adalah seorang bocah laki-laki yatim-piatu. Dia tidak pernah bertemu ayahnya dan ibunya meninggal karena kecelakaan. Ben terlahir dalam keadaan tuli sebelah, tapi karena suatu hal menyebabkan ia tidak dapat mendengar sama sekali.

Ben tinggal di rumah pamannya. Suatu malam, ia pergi ke rumah lamanya dan menemukan pembatas buku yang dibaliknya ada nomor telepon dan alamat seseorang di New York City. Dia juga menemukan kalung dengan bandul yang menampilkan foto seorang pria yang dibaliknya tertulis satu kata: Daniel. Mata Daniel di foto itu sama dengan mata Ben.

Ben pun memutuskan pergi ke New York City secara diam-diam, berbekal tabungan ibunya, alamat serta nomor telepon yang terdapat di balik pembatas buku. Dia ingin mencari ayahnya, Daniel.

Namun perjalanannya tidak semulus dugaannya. Dia harus mengalami banyak halseperti sebuah jalur di peta harta karun, yang apabila diikuti akan membawanya kepada sebuah cerita dan ayahnya.

WONDERSTRUCK. Artinya, 'kejutan yang menakjubkan'. [hal: 99]

Suka banget sama buku ini. Ilustrasinya keren dan detail banget. Meskipun sempat rada bingung karena ilustrasi di bagian awal itu tentang seorang gadis cilik. Padahal Ben ini kan cowok, kenapa ilustrasinya tentang anak perempuan. Ternyata ilustrasi di bagian awal adalah cerita milik Rose dan akan diperjelas di bagian akhir. Sedangkan cerita untuk Ben dituliskan dalam bentuk narasi dan ilustrasi di bagian akhir. Dua cerita dalam satu buku diuraikan dengan caranya masing-masing. Keren!

"jangan takut-takut seperti kura-kura ... coba julurkan lehermu ... nyatakan pendapatmu, jadilah anak yang berani." [hal: 30]

Terjemahannya bagus, mengalir, dan mudah dipahami. Sama seperti buku The Invention of Hugo Cabret yang sebelumnya udah dibaca. Banyaknya ilustrasi yang disajikan bergantian dengan narasinya membuat kita lebih mudah membayangkan ceritanya. Alhasil 640 halaman pun tidak terasa panjang (meskipun diselingi 4 buku lainnya. Gemes liat banyak buku, bawaannya pengen dibaca sekaligus XD).

Dan kaget banget ketika membaca bagian 'Ucapan Terima Kasih'. Ternyata Selznick ini melakukan banyak riset, seperti tentang museum, daerah Gunflint Lake, dan karena tokoh utama di sini mengalami disabilitas, maka riset yang dilakukan untuk kebudayaan Tuli pun sangat mendalam. Dan ada 3 halaman daftar pustaka juga! Bayangin. Novel yang enak banget dibaca (dan dilihat) ini ternyata dalam proses penulisannya udah kayak bikin skripsi ._.

Singkat kata, 5 bintang untuk Ben Wilson. (iya, akhir-akhir ini sering ngasih 5 bintang ._.)


2 comments:

  1. wih, gaul 5 bintang.
    kalau diperhatikan, tebel ya 640 halaman :")

    sekilas judulnya mirip sama film korea: windstruck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagus soalnya :D Emang tebal, tapi karena banyak ilustrasi jadi ga berasa tebal kok :)

      Wah, ga ngikutin korea :D

      Delete

Visitors

Flag Counter

BBI No. 1310185

Reading Challenge 2017

2017 Reading Challenge

Dyah has read 2 books toward her goal of 50 books.
hide