June 12, 2014

[Blog Tour + Review] Simple Thinking about Blood Type


Halo teman-teman! Selamat datang di The Chocolate Tale, blog keempat dalam Blog Tour Simple Thinking about Blood Type oleh Penerbit Haru :)

Blog Tour di blogku ini akan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah posting review buku Simple Thinking about Blood Type yang diselenggarakan pada tanggal 12 Juni 2014 (hari ini). Sesi kedua adalah hasil Ask Author + Giveaway Time! yang akan diselenggarakan pada tanggal 19-26 Juni 2014. Hadiahnya adalah 2 buku Simple Thinking about Blood Type untuk 2 orang pemenang. Jadi jangan lupa berkunjung ke sini ya :)

Nah langsung saja, sesi pertama Blog Tour ini adalah review buku Simple Thinking about Blood Type.

Buku pertama Simple Thinking about Blood Type

IDENTITAS BUKU :
Judul : Simple Thinking about Blood Type
Penulis : Park Dong Sun
Penerbit : Penerbit Haru
Penerjemah : Achie Linda
Tebal : 258 halaman
Terbit : Cetakan kelima, April 2014
ISBN : 978-602-7742-25-3
Rating : 4/5 bintang
Bisa dibeli di : OWL Book Store 

SINOPSIS :
Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Blood Type ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain ya!

REVIEW :
Siapa diantara teman-teman yang suka membaca komik golongan darah? Percaya ga sih kalo golongan darah itu bisa menentukan sifat seseorang? Pengen lebih tau tentang sifat dan golongan darah kita? Nah buku ini solusinya :)

Simple Thinking about Blood Type adalah komik yang menghubungkan golongan darah dengan sifat seseorang. Ditulis oleh seorang komikus asal Korea, Park Dong Sun, dengan berbagai riset dari lingkungan sekitarnya.

Buku ini dibagi menjadi 4 bagian yang dilengkapi dengan ilustrasi keempat golongan darah dan semuanya full colour loh! Ada baiknya sebelum membaca komik ini teman-teman mencari contoh keempat golongan darah dari orang sekitar. Supaya bisa dibandingkan, gitu :D

Bagian I : Mengetahui Sifat Seseorang Melalui Golongan Darah


                                     

                     

Aku bergolongan darah B, dan gambar di atas mewakili sifatku banget :3 Jadi pernah ya di dekat rumahku ada motor terbakar. Semua orang udah teriak-teriak termasuk adikku yang teriak manggilin aku. Tapi aku tetap ga kebangun dari tidur :p

Bagian II : Hubungan Sosial Antargolongan Darah


                    


Bagian III : Cerita Seru Golongan Darah


video
Video lucu cara belajar keempat golongan darah

Video di atas mewakili salah satu cerita di bagian 3 ini. Sama, tentang cara belajar keempat golongan darah. Video-nya aku download dari sini

Bagian IV : Diary Bergambar si Cowok Gila


                 

Ah, suka banget sama bagian yang ini. Rasanya benar banget. Apalagi yang dari sudut pandang perempuan. Bisa jadi pelajaran nih buat laki-laki. Di balik sikap rapopo-nya perempuan, sebenarnya mereka kenapa-napa :p

Nah gambar-gambar di atas hanya sebagian kecil dari buku yang menarik ini. Banyak cerita lain yang tak kalah seru dan mampu membuat kita mengangguk-anggukkan kepala :D

Kelebihan dari buku ini adalah ilustrasi golongan darahnya yang sederhana tapi unik. Jadi ketika kita melihat ilustrasi serupa di tempat lain, langsung paham bahwa itu adalah golongan darah. Selain itu halamannya yang full colour menambah daya tarik buku ini. 

Salah seorang temanku berkata bahwa membaca buku ini sebenarnya membuat kita belajar, namun dengan cara yang menyenangkan. Bagi orang yang suka menggambar komik, buku ini juga bisa dijadikan "panduan" karena ilustrasinya yang patut diacungi jempol.

Selain itu buku ini juga bisa membantu kita untuk memahami orang lain. Jadi bagi kalian golongan darah A yang suka senewen dengan golongan darah B yang bebas, maafkanlah. Bagi kalian golongan darah O yang menganggap AB itu aneh, maklumilah :D

Nah kan buku ini juga ku bawa ke kampus. Dan teman-temanku yang biasanya ga suka membaca, semangat banget loh baca buku ini. Ketika membaca buku ini tak jarang aku dan mereka berucap "ah, benar juga!" atau ketawa dan saling mengejek :D

Hanya saja di beberapa bagian ada bahasa yang terkesan kaku sehingga sulit dipahami. Membutuhkan waktu dua kali baca untuk memahami makna ceritanya, akibatnya humor yang terkandung di dalamnya jadi tidak terasa. Namun bahasa yang terkesan kaku di atas dapat tertutupi dengan ilustrasinya. Hanya dengan melihat ilustrasinya, kita bisa memahami apa yang sedang mereka lakukan.

Dan ada satu kekurangan lagi yang sudah disebutkan di blog Komunitas Anak Nyasar, yaitu kurang tebal! >_<

Buku kedua Simple Thinking about Blood Type

Ah tapi tunggu dulu, jangan khawatir. Buku kedua Simple Thinking about Blood Type akan terbit bulan Juli nanti. Teman-teman bisa Pre Order buku bertandatangan penulisnya loh di OWL Book Store. Tapi ingat, jumlahnya terbatas! Jadi harus cepat-cepat PO ya :)

Nah sekian Blog Tour di blogku kali ini. Ingat, jangan lupa mampir ke sini pada tanggal 19-26 Juni 2014 ya, karena ada 2 komik Simple Thinking about Blood Type untukmu! :)

Oh ya, Blog Tour selanjutnya akan pindah ke  Creative Addiction Territory. Happy Blog Tour, guys! ;)  Dan 4 bintang untuk buku keren ini :)

10 comments:

  1. thankyou kaka atas review nya ;)
    waahhh... ga sabar untuk ikut giveaway nya..
    semoga aku beruntung ya, hihi :D

    ReplyDelete
  2. Rizki : Sama-sama, terima kasih udah mampir :) Amin, semoga beruntung :))

    Mbak Sulis : Ayo ikut GA-nya mbak :D

    ReplyDelete
  3. Aku juga bergolongan darah B, Kak. Bener banget yang ada di dalam novel Simple Thinking about Blood Type. Aku orangnya santai banget. Apalagi sama tugas. Kalau udah mepet, baru deh buru-buru ngerjain. :D

    ReplyDelete
  4. Maulida Rin : Ah kamu juga gitu? Kita sama :3 Hidup B! :D

    ReplyDelete
  5. Video nya bagus banget! Hahahah :D Betul-betul menghibur

    ReplyDelete
  6. namanya juga komik, satu hal yang keluar setelah dibaca pasti: kurang tebal :p

    ReplyDelete
  7. Waaahh, review dari komiknya keren apalagi berwarna jugaa =)

    ReplyDelete
  8. komiknya seru,apalgi bisa belajar bagaimana memamahami karakter seseorang di lihat dari golongan darah, baru tahu aku -_- aku acungin jempol deh (y) apalagi gambar ilustrasinya berwarna

    ReplyDelete
  9. woah penasaran banget:D semoga bisa dapet GAnya nih hehehe

    Maulida Rin dan Dyah Muawiyah : jadi lucu, ternyata kita sama. Bener banget, kalo ada tugas walaupun udah direncanain mau ngerjain kapan kpannya, tetep aja akhirnya mepet deadline. Dan iya, betul kak kalo udah tidur aku kadang sampe dimarahin sama ortu garagara beneran ga bangun walaupun berisik diluar._.

    Setuju, Hidup B! wkwk

    ReplyDelete

Visitors

Flag Counter

BBI No. 1310185

Reading Challenge 2017

2017 Reading Challenge

Dyah has read 2 books toward her goal of 50 books.
hide