January 20, 2014

[Review Novel] The Chronicles of Narnia: The Last Battle


IDENTITAS BUKU :
Judul : The Chronicles of Narnia: The Last Battle (Pertempuran Terakhir)
Penulis : C.S. Lewis
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Cetakan keempat - April 2008
Tebal : 280 halaman
ISBN : 978-979-22-1777-3
Rating : 2/5 bintang

SINOPSIS :
Pertempuran terakhir yang terdahsyat

NARNIA...
di mana kebohongan melahirkan ketakutan...
di mana kesetiaan diuji...
di mana semua harapan seolah sirna.

Pada hari terakhir Narnia, tanah itu menghadapi tantangan terbesarnya - bukan dari kekuatan asing di luar melainkan musuh dari dalam. Kebohongan dan pengkhianatan menancapkan kukunya, dan hanya sang raja serta sekelompok kecil pengikut setia yang bisa mencegah kehancuran semua yang mereka sayangi, dalam kisah terakhir The Chronicles of Narnia.

REVIEW :
Buku ketiga Narnia yang saya baca setelah The Voyage of The Dawn Treader dan The Magician's Nephew. Karena saya nggak ngoleksi bukunya, akhirnya saya membacanya tergantung dari ebook yang lengkap atau koleksi dari rentalan -_-

Sesuai judulnya, The Last Battle ini adalah seri terakhir dari 7 buku Narnia. Karena saya termasuk Narnian (meskipun abal-abal), saya tetap penasaran bagaimana kisah akhir dari dunia Narnia ini. Apakah dia akan musnah seperti dunia kita, atau tetap abadi. Saya berharap di buku terakhir ini akan seru banget. Ternyata harapan saya ketinggian :(

Teman-teman saya sering membandingkan Narnia dengan Harry Potter. Mereka selalu menjelek-jelekkan Narnia dan saya akan mati-matian membelanya. Saya masih berharap Narnia itu seru. Ternyata mereka benar :"(

Untuk terjemahan sudah bagus, mungkin memang ceritanya saja yang sulit dipahami. Jadi untuk membaca satu halaman saya membutuhkan waktu 2 kali membaca agar bisa memahaminya.

Seperti kedua buku lainnya, detail tempat dan suasana digambarkan sangat jelas. Bahkan terlalu panjang dan bertele-tele. Meskipun begitu, tetap saja saya tidak bisa mendapat gambaran yang jelas. Untunglah ada ilustrasi-ilustrasi di beberapa halaman yang sangat membantu. Suka sama ilustrasi di dalamnya.

Yang membuat saya kecewa, ini kan buku terakhir, judulnya juga Pertempuran Terakhir, saya berharap mendapatkan pertempuran yang hebat, yang sengit, yang lama. Tapi setelah membaca bagian pertempuran, bahkan belum sampai gregetan, tiba-tiba udah selesai aja. Pertempuran macam apa ini -_-

Tapi saya suka sama covernya. Meskipun awalnya kelihatan "abstrak", setelah membaca bukunya, ternyata covernya menjelaskan isinya. Sama seperti sinopsisnya. Akan lebih mudah dipahami setelah membaca bukunya secara keseluruhan.

Untuk endingnya, saya sangat menyukainya. Ending yang tidak terduga, tapi saya rasa begitulah ending yang saya inginkan :)

Yah, pada akhirnya saya juga ga mau bikin review beginian. Sebagai pecinta Narnia saya ga tega, saya juga kecewa. Tapi ya mau bagaimana lagi. Biarlah Narnia seri terkahir ini ga seru, yang penting 6 buku lainnya masih seru untuk dibaca :)


Review ini untuk :
- Goodreads Reading Challenge 2014
- BBI Review Challenge 2014

No comments:

Post a Comment